Rabu, 21 November 2012

Membuat PROCEDURE di oracle

Sebelum saya menuliskan perintah untuk membuat procedure saya akan bercerita sedikit tentang procedure, Procedure merupakan suatu blok program/perintah yang dapat di panggil sewaktu-waktu, hal ini dapat memudahkan kita sebagai seorang programmer untuk menghemat waktu dalam menuliskan kode2 program, karena dengan adanya procedure ini kita hanya memanggil procedure yang dibutuhkan beserta parameter-parameternya tanpa harus menuliskan sintax (perintah) SQL yang panjang apalagi perintah itu sering kita panggil, (Semoga sedikit penjelasan saya tentang procedure tidak melenceng, Mohon para master untuk mengkoreksi tulisan saya, hehehe...).

Berikut adalah contoh membuat prosedure tambah_data_emp, perlu temen-temen ketahui EMP adalah nama sebuah tabel yang ada di Schema SCOTT, karena memang pada saat saya menginstall oracle V. 10G user/Schema SCOTT sudah ada dan ketika saya buka2 sudah ada beberapa tabel yang ada didalam schema tersebut, tanpa berpikir panjang lagi akhirnya saya menjadikan SCOTT sebagai objek penulisan Blog ini, mohon maaf yah SCOTT..., :).

Setelah dibaca ulang koq tulisan ini malah tidak ada perintah untuk membuat PROCEDURE seperti yang di judul yah...,hehehe...

Oke mas bro kita lanjut lagi,,,....

Langsung saja ini adalah perintah untuk membuat PROCEDURE yang sudah saya janjikan sebelumnya (siapa yang janji dan siapa yang dijanjikan) aya aya wae...

Keterangan Kode diatas :
SQL> CREATE OR REPLACE PROCEDURE tambah_data_emp adalah perintah untuk membuat atau mengganti procedure jika procedure dengan nama tambah_data_emp sudah ada, jika belum ada maka akan membuat procedure tersebut
Baris Ke-2 : membuat parameter untuk procedure tambah_data_emp
Baris Ke-3 : ketikan nama variabel dibawah kata AS Jika kita akan mendeklarasikan variabel lokal untuk menyimpan data sementara
Baris Ke-4 s.d 6 adalah prosedure yang berisi perintah SQL dimana saya mencontohkan untuk proses input data ke tabel EMP dengan parameter yang sudah di tentukan.

Okay sampai disini perjumpaan kita tentang cara pembuatan procedure sederhana, sebenarnya masih banyak hal-hal lain yang terkait dengan procedure ini tapi... kalau langsung saya tuliskan malah saya jadi pusing sendiri bingung jelasinnya. hehehe...

Pasti teman2 bertanya bagaimana cara memanggil procedure melalui PHP...? nanti saya akan bahas bagaimana cara pemanggilannya...

Oh iya satu lagi untuk para MASTER mohon koreksi tulisan ini jika masih ada yang belum sesuai dengan kaidah2 penulisan di ORACLE karena saya juga masih NEWBIE di oracle, dan... semoga bermanfaat. :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar